Salam

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah, washolatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala alihi wa ashabihi ajma’in. Amma Ba’du. Puji syukur kepada Ilahi Rabbi yang jangan sampai pernah putus dari lisan kita. Sebab karunia Allah selalu tercurah kepada kita. Dan di antara karunia yang paling agung tersebut adalah iman dan Islam. Sholawat kita kepada baginda nabi Muhammad Saw, semoga kelak di yaumil akhir, kita memperoleh syafaat dari beliau.

Hari ini kita turut menyaksikan berbagai fenomena yang terjadi pada diri generasi-generasi muda bangsa ini. Khususnya generasi-generasi muda Islam.  Sebagian besar, banyak yang tidak lagi peduli dengan agama mereka sendiri (Islam). Mereka sibuk dengan berbagai platform media sosial semacam tiktok, facebook, youtube. Gaya hidup yang hedonis. Kegemaran mendengarkan musik-musik jahiliyah. Mengikuti trend dan fashion terbaru yang sengaja didesain terbuka. Tergila-gila dengan oppa-oppa Korea. Padahal pepatah jelas sekali mengatakan, “Anak muda hari ini adalah Pemuda untuk hari esok (masa depan).

Melihat fenomena rusaknya moral generasi-generasi muda bangsa ini. Tentunya sebagai ummat Islam kita tak bisa ambil diam. Harus ada solusi yang kita lakukan. Salah satunya menyediakan dan menyelenggarakan pembinaan dan pendidikan Islam. Di pesantren Al-Khoir, insya Allah kami telah menyelenggarakan pembinaan dan pendidikan generasi muda usia 12 – 18 tahun (Jenjang SMP / MTs dan SMA /MA).  Pendidika Islam yang kami selenggarakan meliputi ilmu aqidah, fiqh, Al-Qur’an, hadist, siroh, bahasa Arab, tahfizul Qu’an serta ilmu-ilmu pengetahuan sosial, dan alam yang diajarakan secara terpadu. Ilmu –ilmu tersebut insya Allah diajarkan oleh guru-guru yang menguasai bidang-bidangnya. Selain itu, untuk menguatkan karakter-karakter para santri dan santriah, kami juga mengadakan pendidikan kepemimpinan melalui sebuah wadah organisasi santri , Badan Eksekutif Santri (BES), menumbuhkan jiwa wirausaha melalu kegiatan Market Day, melaksanakan penguatan materi keislaman dalam sebuah kelompok diskusi serta evaluasi ibadah harian.

Adapun jenjang pendidikan yang ada di pesantren Al-Khoir ini setara dengan SMP/MTs dan SMA/MA (kelas reguler). Kami juga membuka kelas intensif kepada siswa-siswa yang memulai masuk pesantren setelah tamat dari SMP/MTs. Serta kelas khusus untuk para penghafal Qur’an. Penyelenggaran pendidikan di pesantren ini dimulai dari pukul 07.30 – 15.20. Setelah sholat Ashar pun, para santri diwajibkan mengikuti minat-minat bakat yang telah mereka pilih. Seperti olahraga, seni bela diri, dan ilmu bahasa, ilmu kepenulisan, praktik komputer, menjahit, dan berbagai skil yang dibutuhkan untuk masa depan. Insya Allah, Pesantren Al-Khoir terus berkomitmen untuk membentuk anak muda yang sholeh, cerdas, mandiri guna menjawab tantangan masa depan yang kian penuh perjuangan.  Seluruh program pendidikan tersebut dilaksanakan dalam satu komplek yang beralamat di jalan Lintas Riau, Km. 40, Desa Mananti, Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

Semoga dengan upaya-upaya menyelamatkan generasi-generasi mudah Islam ini, Allah Ta’ala memberikan kemudah dan keberkahan. Dan pastinya kami juga meminta doa dari antum semua untuk istiqomah dalam penyelenggaran program pendidikan dan pembinaan ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabakaratu.